Lemak Manusia Dijual Untuk Kosmetik

Serba-Serbi Sehat / 22 November 2009

Kalangan Sendiri

Lemak Manusia Dijual Untuk Kosmetik

Puji Astuti Official Writer
9500

Baru-baru ini empat orang Peru ditangkap dengan tuduhan membunuh 60 orang untuk di ambil lemaknya dan akan menjualnya ke Eropa untuk pembuatan kosmetik. Harga per galonnya untuk lemak ini katanya mencapai 15.000 dolar Amerika.

Menurut sebuah berita yang di rilis di televisi pada pagi ini (22/11), kosmetik rata-rata memang menggunakan lemak mahluk hidup, namun hingga saat ini masih terbatas pada lemak nabati dan hewani saja. Jika memang ada kosmetik yang menggunakan lemak manusia, itu masih dalam proses penelitian.

Julio Castro, Dosen dari sekolah kedokteran Peru, yang ada di ibukota Lima mengatakan bahwa lemak manusia di jual belikan dengan harga 15.000 dolas AS per galonnya itu sungguh aneh.

"Ratusan liter lemak manusia diperoleh setiap hari di klinik kosmetik, dan dibuang," demikian ungkap Julio.

Menurut Julio, memang lemak manusia biasanya digunakan untuk beberapa tujuan. Contohnya untuk operasi plastik atau implant.

"Ini dapat digunakan untuk  implant, tapi lemak yang ditanamkan harus dari orang yang sama yang menjalani prosedur implant itu," tambah Julio.

Hingga kini kepolisian Peru masih belum menemukan jaringan pasar gelap yang menjadi penadah lemak manusia ini. Jika memang benar ada yang menggunakan lemak manusia untuk kosmetik dan pengobatan, sepertinya cara ini sangat keji dan tidak manusiawi.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami